Tuesday, December 18, 2012

Membuat website dengan CodeIgniter Part1

Langsung aja saya jabarkan kebutuhan yg akan di pakai nanti untuk membuat sebuah website dari framework codeigniter...
pertama..
ya tentu saja source dari codeigniter-nya... bisa pake yg terbaru atau 2.0 ++ disini

kedua..
database -nya bisa menggunakan MySql yg udah di bundle ke dalam Xampp disini

ketiga (optional)
Editor teks.... pake notepad oke... pake netbeans oke juga...

Langkah selanjutnya adalah install terlebih dahulu xampp-nya jika sudah ada xamppnya, lanjut ke langkah selanjutnya, lalu kemudian extract source Codeigniter di htdocs xampp.
berikut susunan direktori Codeigniter
root dir....
        .../application
                  .../cache
                  .../config
                  .../controllers
                  .../core
                  .../errors
                  .../helpers
                  .../hooks
                 .../language
                 .../libraries
                 .../logs
                 .../models
                 .../third_party
                 .../views                   
        .../system
        .../user_guide
        .../index.php
        .../license.txt


langkah berikutnya adalah buka direktori atau folder config dan edit file config.php
config.php
$config['base_url']    = 'http://localhost/contoh-web';  // edit pada bagian ini sesuai nama folder atau direktori root anda di htdocs.

lalu buka file autoload.php yang masih berada di dalam direktori config...
isikan parameter yang kita butuhkan untuk dapat membuat sebuah aplikasi...

$autoload['libraries'] = array('database', 'encrypt', 'form_validation');
$autoload['helper'] = array('url', 'text', 'date', 'form', 'email');

 untuk sementara settingan yang kita buat baru sampai disini dalam source code codeigniter... untuk itu kita fokuskan terlebih dahulu dengan rancangan database untuk aplikasi yang akan kita buat ini.
pertama tentukan terlebih dahulu tabel yang akan di jadikan sebagai kunci utama aplikasi atau web yang akan kita buat kali ini...

misal :
CREATE TABLE IF NOT EXISTS `contents` (
  `id` int(32) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
  `titles` varchar(200) NOT NULL,
  `date` datetime NOT NULL,
  `text` text NOT NULL,
  `img` varchar(100) DEFAULT NULL,
  `type` tinyint(1) NOT NULL DEFAULT '1',
  `categories_id` int(32) NOT NULL,
  `users_id` int(32) NOT NULL,
  `status` tinyint(1) NOT NULL,
  PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=InnoDB  DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=0 ; 









analisis tabel :
pada tabel diatas sengaja di pilih nama table content karena dapat memudahkan kita memasukkan berbagai tipe atau jenis, misal posting, berita, news dll dengan pengaturan tipe content terdapat di dalam field type. Pada tabel content terdapat join terhadap 4 tabel, yaitu categories, users, comment, images. dengan hubungan dari content ke categories adalah many to one, content ke users many to one, content ke comment many to many, sedangkan content dengan images adalah one to many.

CREATE TABLE IF NOT EXISTS `categories` (
  `id` int(32) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
  `name` varchar(100) NOT NULL,
  `desc` tinytext NOT NULL,
  `status` tinyint(1) NOT NULL,
  PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=InnoDB  DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=0 ;


CREATE TABLE IF NOT EXISTS `users` (
  `id` int(32) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
  `username` varchar(50) NOT NULL,
  `fullname` varchar(200) NOT NULL,
  `password` varchar(32) NOT NULL,
  `email` varchar(100) NOT NULL,
  `joindate` datetime NOT NULL,
  `level` tinyint(1) NOT NULL,
  `notes` tinytext NOT NULL,
  `status` tinyint(1) NOT NULL,
  PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=InnoDB  DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=0 ;


CREATE TABLE IF NOT EXISTS `images` (
  `id` int(32) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
  `date` datetime NOT NULL,
  `title` varchar(100) NOT NULL,
  `url` varchar(100) NOT NULL,
  `contents_id` int(32) NOT NULL,
  `desc` tinytext NOT NULL,
  `status` tinyint(1) NOT NULL,
  PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=InnoDB  DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=3 ;


CREATE TABLE IF NOT EXISTS `comments` (
  `id` int(32) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
  `date` datetime NOT NULL,
  `title` varchar(100) NOT NULL,
  `text` text NOT NULL,
  `image` varchar(100) NOT NULL,
  `users_id` int(32) NOT NULL,
  `status` tinyint(1) NOT NULL,
  PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=1 ;


to be continued.

Wednesday, November 23, 2011

FREE CMS php terbaik

Allo bro and sis sekalian...ane mo curhat ni...klo ane bandingin CMS atau Content Management System  terbaik menurut ane tuh yang pertama adalah :
1. Joomla. Kenapa joomla? karena selain dia gratis tapi udah banyak tutorialnya, dokumentasi nya sangat rapi yang bantu juga pasti banyak di tiap tiap milis yang ada di indonesia atau seluruh dunia....dan menurut saya struktur atau komponen pemrograman yang dihasilkan mudah di pahami. sehingga jika di gali lebih dalam... makin pusing deh..wkwk
download here

2. Wordpres. nah ini si saya agak suka dengan cms ini, karena ada versi Indonesianya. dan dokumentasinya cukup lengkap. sayangnya klo pake versi yang langsung dari website resminya semisal GOOGLE dengan BLOGGER-nya dengan embel - embel .blogspot.com di WORDPRESS di tambahkan .wordpress juga..
download (versi indo) Wordpress.id
download (versi engl) Wordpress.org

3. Nah Klo yang ketiga ni CMS buatan Asli anak negeri.... yaitu lokomedia CMS dari mas LUKMAN...
CMS lokal ini sebenarnya ga kalah dengan CMS buatan luar...karena sederhananya webCMS ini sehingga sangat mudah untuk di CUSTOMIZE. Berawal dari tutorial buku yang membahas SUKA CMS  dan hingga kini banyak orang yang membangun website menggunakan CMS ini.
download here

Sebenernya masih banyak lagi CMS - CMS gratis yang powerfull dan juga sudah menggunakan framework semacam CI dan CAKEPHP. Namun agaknya di indonesia kurang Familiar.. berikut ni list daftarnya.
1. WildFlower CMS
2. Tomato CMS
3. Open CMS
4. Croogo CMS
5. CMSMadeSimple
6. Open CMS

dll....cari sendiri aja deh

Sunday, November 13, 2011

WEBGIS dengan PHP dan MYSQL

allo dah lama ane ga bersua disene..
ok deh sekarang ane mo sharing nih dikit bisanya ane...
 kali ni saya buat webgis sederhana, nih penampakkannya >>


jadi kalo titik tu di klik atau saat disorot dengan mouse berubah jadi link trus diklik maka akan muncul informasi di samping kanan gambar, begitu seterusnya. cuman disini saya hanya ngisi beberapa data aja... daripada ngelebar kemana mana silahkan donlod aja ni sourcenya..bingung cari ja mbah gugel biar jawab...
disni

webgis ini merupakan masih dasar..dan belum dikembangkan lebih jauh..disini saya hanya menggunakkan gambar dari Google Earth..dan insha allah dalam waktu dekat saya akan memberikan tutorial dan contoh aplikasinya lebih lengkap (masih proses) tapi mungkin akan menggunakan google maps saja...
so tunggu aja...

ni databasenya disini